Sejarah Kabupaten Pacitan..

pantaiku sayang

Pacitan berasal dari kata Pacitan yang berarti camilan, sedap-sedapan, tambul, yaitu makanan kecil yang tidak sampai mengenyangkan. Hal ini disebabkan daerah Pacitan merupakan daerah minus, sehingga untuk memenuhi kebutuhan pangan warganya tidak sampai mengenyangkan; tidak cukup. adapula yang berpendapat bahwa nama Pacitan berasal dari “Pace” mengkudu (bentis : Jaka) yang memberi kekuatan. Pendapat ini berasal dari legenda yang bersumber pada perng Mengkubumen atau Perang Palihan Nagari (1746-1755) yakni tatkala Pangeran Mangkubumi dalam peperangannya itu sampai ke daerah Pacitan. dalam suatu pertempuran ia kalah terpaksa melarikan diri ke dalam hutan dengan tubuh lemah lesu. berkat pertolongan abdinya bernama Setraketipa yang memberikan buah pace mask menjadikan kekuatan Mangkubumi pulih kembali. Akan tetapi nampaknya nama Pacitan yang menggambarkan kondisi daerah Pacitan yang minus itulah yang lebih kuat. hal itu disebabkan pada masa pemerintahan Sultan Agung (1613-1645) nama tersebut telah muncul dalam babat Momana.

srau

Letak geografis..

Kabupaten Pacitan mempunyai luas wilayah 1.389,87 Km2 yang kondisi alamnya sebagian besar terdiri dari bukit-bukit yang mengelilingi kabupaten. Sedangkan wilayah kota Pacitan yang merupakan inti atau pusat pemerintahan berupa dataran rendah. Selebihnya berupa daerah pantai yang memanjang dari sebelah barat sampai timur di bagian selatan.

Pacitan adalah kecamatan yang menjadi ibukota Kabupaten Pacitan, provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota Pacitan adalah denyut nadi pemerintahan dan perekonomian kabupaten pacitan secara keseluruhan. Lansekap kota Pacitan terletak di lembah, di tepi Teluk Pacitan dan dialiri sungai Grindulu yang membentang dari wilayah selatan menuju pantai Teleng Ria.

Kabupaten Pacitan terletak di pantai selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan Propinsi Jawa Tengah. Daerah Pacitan sebagian besar adalah berbukit tandus dan berupa tanah kapur. Letak Geografis Pacitan berada antara 1100 55′ – 1110 25′ BUjur Timur dan 70 55′ – 80 17′ LIntang Selatan.

35 Tanggapan to “Sejarah Kabupaten Pacitan..”

  1. Dwik Says:

    Aswb. pacitan emang oke coy…visit my site

  2. feri bastian Says:

    pacitan jalannya berkelok-kelok bikin sakit badan semua,,,, SALAM BUAT WONG TULAKAN….dari LAMPUNG…

  3. Yoyo Says:

    Pacitan jalannya gelap banget….
    apa gak ada yang punya lampu po?????
    Bukan bikin sakit badan lagi, malah bikin sakit kpala……

  4. Anjar Afif Afandi Says:

    PACITAN….Never ending sinau, dolan lan makarya!!!
    Kunjungi blogku Mazz. skedar nmbah komen ato saran n kritik!

  5. abimanyu Says:

    ass.wr.wb aku wong pacitan asli pondok wates widoro pacitan saiki ceker ceker ning jababeka bekasi.ana alumni aliyah guru sing taksenengi ibu kibtiyah omahe ning burine masjig gede pacitan habis cantik orangnya he3.

  6. danu Says:

    mas, aku nyuwun ngih. Kanggo tugas ning sekolahan. hhe.
    oia, di FB udah ada group pacitan. gabung yo

  7. efa Says:

    aku jga orang pacitan looo…..biar jalan gelap pacitan tu indahhhhh….bgt….
    aku selalu rindu pacitan….
    kota kecil yang tenteram….
    ya…walau sekarang aku udah g d pacitan…
    tapi pacitan ttp meniggalkan kenangan indah buat aku…(pantai teleng….srau….goa gong.)slm kngn buat tmn2 pacitan…

  8. iput Says:

    ya ya bknnya gelap mlah keliatan romants ya,
    plg asyk low mlm tkbran rame bgt cuy !!!!
    bnran dh…..

  9. yulianta Says:

    jd kangen ma kota kecil gw…

    sinoman tanjung podo neng ngendi iki…

  10. memek+kontol Says:

    BANGGA DENGAN PACITAN KARENA GUNUNG LIMO, SANTET LAN PELETNYA..

  11. bambang hariadi Says:

    pacitan tempat yang indah…
    kapan ya bisa ke makam ki bonokeling..
    trus ke plumbungan n kebonagung….

  12. shobi Says:

    aq belum pernah ke pacitan tapi kalo lihat foto-fotonya apiiiiiiiiiiiiik tenan.dulu aq kepingin banget jadi orang pacitan tapi ortuku ngelarang diriku untuk meneruskan hub itu. pacitan-pacitan..andai aq di beri kesempatan hidup yang kedua kali.aq pengen lahir di pacitan ploso dan mati disana.tentram bersama orang yang paling kucintai…peace..

  13. Yuyun ZKH Says:

    Dulu gak pernah bermimpi bakal terdampar di Pacitan, tapi ternyata hampir setahun harus singgah di sana. Sejuta pengalaman akhirnya kurasakan, thanks buat kerabat sekantorku yg melengkapi kebahagiaanku ketika di Pct.
    Pacitan kota kecil yg cukup indah, apalagi menikmatinya dengan org yg terindah juga meski gak bisa bersamaku selamanya.

  14. Hammam Naufal turmudzi Says:

    Assalamu alaikum, alhamdulillah , saya jg asli wong pacitan, sekarang gak di pacitan tapi karena masih dekat sering juga pulang. Kan Jogja-Pacitan 3 jam dah sampai, Banyak travel kalau malas berkendara sendiri. Salam Pacitan semua…..Jogja Kota keduaku dan tempat lahirnya ketiga anakku.

  15. susmiyono Says:

    Kota Pacitan bagiku adalah bagian dari hidupku yang tak kan pernah terlupakan.Separuh hidupku tlah aku lewatkan di sana.Kota kecil yang indah yang meninggalkan berjuta kesan walaupun aku tlah jauh merantau di Lampung bagiku Pacitan adalah segalanya.Aku tlah kehilangan kontak dengan tman2ku.Please help me!!!! ( Alumni SMA N 1 ( 271 ) Pacitan Lulus th 1995 IPS 2 )

  16. badar Says:

    potensi sda sangat besar di pacitan…. budaya masyarakatnya ramah, semoga aksess ke depan semakin mudah dan manfaat kesejahteraan bagi masyarakat pacitan khususnya dapat dirasakan dengan baik.

  17. Aris Kadarianto Says:

    Aku cinta Pacitan, I LOV YU PULL

  18. aditya setyo Says:

    wah puengen aku bali kampung terus dolan neng pantai teleng ria…tapi kapan yo????
    salam buat konco-konco neng pandak balong,,
    matur suwun”agus batam”

  19. Catty Says:

    Pacitan sblah mana sich pmandangan ny yg buaguuus, ak mau donk tmpt yg pling asyik bt kumpl2

  20. mazda Says:

    kaTa oRg2 aku duRhaka ma koTaku ini..padahaL aku maLas puLang(cuma pas LebaRan) kRn aku ga punya Temen disana..scaRa cuma punya Tmen sd ma TeTangga Thok..jusT my FamiLy..Love u aLL..

    viva La paciTan..!!!

  21. rey-rey Says:

    walaupun gelap g’ ad lampu pacitan ttp Q angp sggggbagai kota kecil yang indah, bersih,dan yang paling penting KOTA YANG AMAN&TENTRAM.Pacitan udah menjadi sebagian dari hidup Q&Q bangga dngn kota pacitan dia dah melahirkan seorang presiden RI orang nomor 1 Di RI.Dan skrng g’ kalah majunya dngn kota2 besar.Salam kangen sluruh alumni SMK PGRI Angggggkatan 2005/2006.Guru2 yang sbar,kpn ad reuni alumni?

  22. xaxxe Says:

    memang dahulu pacitan terkenal akan santetnya.namun di balik semua itu,banyak pemandangan yang sangat indah nan eksotis.aku jadi bangga jadi orang pacitan.hidup pacitan.maju terus pantang mundur

  23. Soegenk Says:

    Kango alumni SMK PGRI DONOROJO ditunggu kbre.
    Ngumpul brng sambi mangan sego gobyos.Suwun

  24. Jaguar Says:

    kalau makan nasi gobyos jangan lupa warung pojok smk pgri donorojo yang nggedein kamu doeloe dan selalu ku harap ngisi rubrik ini

  25. Agung Boe Says:

    meski kini ku tak lagi di rumahku (Ngadirejan, Pringkuku, Pacitan) tapi dari Djogdjaku sangat merasakan betapa indahnya dan harmonisnya di sana (Pacitan). ku arep mulih suk bodo besar, trz bwt kelas 3 B SMPne Pak EsBeYe Angktn 2004 kpn yo reunian?

  26. dayat Says:

    jangan angap remeh lho org pctn, walaupun wong
    ndeso,ngunung, makanan cm nasi tiwul, tapi banyak
    yg sukses. cthnya presiden kt saat ini , apa gak
    bangga, jd org pctn.makanya jgn berkecil hati,
    terus belajar,buktikan klo orng pctn jg bs sukses

  27. Fauzy Arizona Says:

    PACITAN, kota terindah di negeri ini. mutiara yang terlalu jauh terpendam….
    Ayo gali!!!

  28. syamsul bahrie Says:

    pacitan menurut saya lebih indah dari pada bali bedanya pacitan belum tersosialisasi dengan baik saya saksikkan sendiri pantai di daerah desa jetak kecamatan tulakan ,,,wah benar-benar luar biasa…..

  29. Imam nawawi Says:

    Pacitan ….. tnh klhrnku nan indah
    sayang aku tak lagi disana …
    tapi hatiku…

  30. umar alhadad citereb Says:

    aku tau wong pacitan sampai kini akeh yeng kerek.tapi jangan kuatir aku bawa jalan keluar buat yang butuh modal usaha gratis,hibah.tel 021-87902688.umar hadad.penyalur zakat,fitrah dan sadakah timur tengah untuk indonesia.max rp.100juta.
    cepat datang bawa ktp.ke jln sukahati,citeureub depan bengkel las.

  31. andi Says:

    kaggo alumni smk pgri donorojo 07/08 kpan qt kumpul breng .

  32. kartunmania Says:

    Salam kenal semuanya bro….
    Pacitan adalah daerah yang selalu kan kukenang sampai mati…
    Karrrennna apa?
    Sssst, mbiyen pas pacaran nduk ujung jln pantai Tamperan, kedenangan guruku bro….. :mrgreen: 😆

  33. Seto Handoko, S.Pd. Says:

    Asslm’alaikum.Sangatlah tidak bijaksana, bila kita tidak mengetahui dari mana kita berasal. Salam kagem poro kadang2 sedoyo.Wassalam.

  34. syamsul bahri Says:

    saya kangen banget dengan pacitan terutama sama anak-anak diniah dusun bedog desa kalikuning…kec. tulakan…jangan pada ogah-ogahan lagi ya….


Tinggalkan komentar